Jurnal mindstuck

by


Tabungan ide, fokus, dan terjadwal. Kunci anti mindstuck.

"Dunia tulis menulis memang sudah lama menjamur dikalangan masyarakat. Saya melihatnya sebagai fenomena yang cukup membanggakan. Adapun sebenarnya, media sosial yang banyak digunakan masyarakat saat ini yakni twitter berfungsi sebagai microblogging untuk menggagaskan ide-ide secara simple, padat, informatif maupun komunikatif. Hal inilah yang menjadi pemicu mulai merebaknya kembali hobi menulis. 
Banyaknya orang yang mulai menyukai dunia tulis menulis mendorong mereka untuk mulai memasuki ranah tersebut dengan coba-coba membuat blog. Berbagai platform (blogspot, wordpress, tumblr, dll.) mereka gunakan untuk menuangkan berbagai macam ide ataupun sekadar mencurahkan perasaan isi hatinya lewat postingan blog.  Tak jarang dari mereka yang kesulitan untuk mulai menuliskan apa yang coba mereka ungkapkan. Kendala ini memang saya rasakan dahulu, hal itu memang wajar. 

Hal yang perlu dicamkan dari nikmatnya blogging adalah indahnya berbagi. Apapun yang bisa kita sumbangkan, baik lewat pengalaman pribadi yang mungkin bisa memberikan pelajaran berharga bagi orang lain, ataupun informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca.

Terkadang, mereka yang sudah lama mempunyai blog pun bisa kehilangan idenya dalam berbagi. Beberapa tips agar saat blogging menghasilkan sebuah postingan yang berkualitas dan tidak mindstuck saat menulis:
1.   Menabung ide

Cara ini paling efektif dalam memberikan pencerahan tulisan pada blog. Bisa menggunakan catatan kecil seperti notepad. Saya sendiri menggunakan aplikasi writer pada smartphone yang fungsinya sama seperti menulis konvensional lewat notepad. Apapun kejadian yang menurut kalian menarik, baik itu peristiwa dikeseharian, hal-hal menakjubkan yang kalian diperjalanan, bahkan catatan penting informasi mengenai tempat-tempat menakjubkan. Kalian tuliskan pada catatan kecil tersebut.
2.  Fokus

Untuk mendapatkan hasil postingan yang berkualitas, jernihkan fikiran juga fokuskan untuk menulis tentang apa yang akan kita share. Sering kali saat blogging kita malah asyik chatting ria dengan teman ataupun berdiam di linimasa twitter, hal itu tentu menjadi penyebab hilangnya ide brillian yang akan kita tuangkan. Saat blogging, fokuskan pikiran pada apa yang akan kita tuliskan.
3.  Terjadwal

Memberikan waktu khusus untuk blogging memberikan keleluasaan dan juga kenyamanan saat menulis. Tidak terpengaruh akan pekerjaan lain yang sedang dikerjakan. Jadi semua ide mengalir begitu saja tanpa terbebani.

>> Jurnal memburu berita, postingan blog yang bermanfaat akan meningkatkan kualitas tulisanmu