Jurnal Cikuray

by

Ke Garut lagi. Ini yang ketiga kalinya saya pergi ke Garut untuk edisi pendakian. Meski kotanya sama, tapi kali ini beda tujuan dan teman perjalanannya.

Pendakian pertama di kota Garut dulu di gunung Papandayan , sekitar setahun yang lalu lah. Trus, pendakian yang kedua ke Gunung Guntur sampe maen-maen ke puncak lima. Seru banget, ngerasain badai di puncak sampai jamuan hangat pak RT & istrinya di kaki Guntur sesaat sebelum pulang ke terminal. (Pak Nanang we love u!)

Cikuray memang gunung yang indah dengan bentuknya yang kerucut. Untuk alur perjalanannya, gak ada yang berbeda dengan yang perjalanan sebelumnya, start point di terminal kampung rambutan berhenti di terminal Guntur. Disana, kita naik Elf bareng pendaki lain menuju ke stasiun pemancar di sekitaran kecamatan Cilawu.

Perbekalan air udah kita siapin di pemancar ini. Pendakian dimulai dari perkebunan teh hingga ke Pos 5 (puncak bayangan). Saya sendiri ngebut naik keatas biar dapet lapak buat nenda, estimasi waktu dari pos pendaftaran awal sampe pos 5, sekitar 2 jam. Lumayan juga tracknya terjal, gada ampun gitu.

Siang sekitar jam 11 udah pasang tenda, foto-foto sama masak. Ya itulah rutinitas pendaki pada umumnya. Cukup membosankan saya fikir. Keesokan harinya sekitar jam 5 pagi kita sudah siap untuk summit. Perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Rempong boo nanjak bareng cewe (but it's OK).

Puncak kita capai ketika matahari udah sepenuhnya naik, walaupun miss sama momen sunrise, kita masih dapet view yang cukup bagus dan memuaskan.

Perjalanan pulang kita akhiri setelah makan siang di puncak bayangan, salam perpisahan buat Cikuray.

>> Udah pernah kalian maen kesini? kuy lah...